Jumat, 05 Oktober 2012

ETIKA PROFESI AKUNTANSI


1.      Apa perbedaan Etika Dan Etiket

            Pertama sebelum ke pengertiannya, kita cari dulu apa sih perbedaan etika dan etiket??? Etika lebih ke prinsip-prinsip yang diambil berdasarkan nilai dan norma yang berlaku sedangkan Etiket lebih ke baik-buruknya perilaku manusia dalam arti kesopanan. 
2.      Apa itu Etika Profesi Akuntansi

            Etika adalah ilmu yang mempelajari tentang baik buruknya manusia berdasarkan nilai dan norma yang berlaku. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Etika Profesi Akuntansi adalah suatu ilmu yang mempelajari baik buruknya seorang akuntan berdasarkan nilai dan norma yang berlaku.

3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika

·         Faktor ekonomi
            Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang sedang mengalami masalah ekonomi seperti terlilit hutang, kebutuhan anak untuk sekolah yang semakin mahal. Hal ini mendorong kita untuk berbuat nakal seperti korupsi.
·         Faktor lingkungan
            Lingkungan bisa juga berpengaruh dalam kehidupan kita. Lihat saja perbedaan dari masyarakat yang lingkungannya taat beribadah, tentram, makmur, jujur dengan lingkungan yang kurang taat beribadah, kriminalitas yang tinggi, banyak anak putus sekolah. Tapi tak tertutup kemungkinan masih ada orang baik yang hidup di lingkungan yang kurang baik walaupun jumlahnya bisa di hitung.
·         Faktor iman/agama
            Seseorang yang imannya lemah, gampang sekali tergoda untuk berbuat hal yang buruk sepreti mencuri, korupsi dan lain-lain.
·         Faktor kebiasaan
            Seseorang yang memiliki kebiasaan baik maupun buruk akan susah di hilangkan. Butuh waktu agar kebiasaan itu bisa di ubah. Jika kita mempunyai kebiasaan baik itu tidak usah kita ubah tapi perlu kita tingkatkan lagi. Yang masalah adalah jika kita mempunyai kebiasaan buruk, itu akan sangat menggangu anda jika sudah bekerja. Contohnya adalah indisipliner/suka telat.

4.      Jenis-jenis Etika
a.      Etika Folosofis
Etika yang terbentuk dari sudut pandang filsafat.
b.      Etika Teologis
Etika yang terbentuk dari sudut pandang agama.
c.       Etika Sosiologis
Etika yang terbentuk dari sudut pandang bermasyarakat.
d.      Etika Diskriptif dan Normatif
·           Etika diskriptif
Etika ini berbicara tentang kenyataan yang terjadi.
·           Etika normatif
Etika ini berbicara tentang norma-norma yang menuntun perilaku manusia.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar